Musim Phk, Gimana Nasib Bisnis Franchise Ri Saat Pandemi?

bisnis waralaba

Business Opportunity Ventures – Agak berbeda dari franchise biasa, pada jenis ini franchisor mewajibkan franchisee untuk membeli dan mendistribusikan produk dari perusahaan tertentu. Franchise atau waralaba produk – Menjual produk siap jual dari franchisee langsung ke konsumen. Setiap franchisor sudah memiliki perhitungan akan mengambil berapa persen keuntungan. Biaya ini dibuat untuk mendukung operasional bisnis franchise di tingkat pusat. Tidak sedikit orang memiliki keinginan untuk merintis bisnis, namun masih ragu karena berbagai takut tidak cocok hingga modalnya terlalu besar.

bisnis waralaba

Banyak orang memiliki keinginan untuk merintis suatu bisnis, namun masih ragu karena terkendala berbagai hal, misalnya bingung dengan hal-hal yang berkaitan dengan operasional suatu usaha. Jika demikian halnya, maka bisnis yang cocok adalah bisnis waralaba yang memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menjalankannya. Faktor penting yang bisa membuat bisnis Anda sukses adalah inovasi dan kreativitas dari franchisor. Untuk itu, persiapkan modal dengan baik dan sesuaikan kemampuan finansial Anda dengan bisnis franchise apa yang ingin Anda jalani. Sistem franchise sendiri memiliki banyak manfaat, baik untuk para franchise atau pun franchisor. Adanya sistem franchise fee atau pun royalty fee dapat menambah keuntungan bagi mereka.

Biasanya, pemilik waralaba menyediakan beberapa jenis kemitraan yang bisa dipilih, disesuaikan dengan kondisi keuangan pembeli waralaba. Ada yang menargetkan pembeli menengah ke bawah, dan ada pula yang menyasar konsumen menengah ke atas untuk booth atau outlet yang berlokasi di pusat perbelanjaan. Investment fee yang dibayarkan digunakan untuk stok bahan baku awal, lisensi penggunaan brand dan investasi peralatan dapur serta fasilitas penunjang lainnya. Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal adalah hal yang relatif, karena perlu dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Konsep ini sangat memungkinkan seseorang yang punya modal tapi minim pengalaman untuk bisa memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, karena menjalankan waralaba berarti tak perlu membangun bisnis dari awal.

Maksudnya modal Anda hanya cukup untuk beli merek, beli lisensi, dan operasional usaha beberapa bulan saja. Meskipun sistem waralaba menawarkan berbagai kemudahan dibandingkan dengan usaha yang kita mulai sendiri dari nol, tetap dibutuhkan kerja keras, ketekunan dan konsistensi untuk menjalankannya. Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan agar bisnis waralaba bisa berjalan sukses. Meskipun tidak terdengar kekinian, bisnis air isi ulang terus berkembang, mengingat kebiasaan dalam rumah tangga masyarakat perkotaan yang menginginkan serba praktis. Kebutuhan yang tinggi terhadap air isi ulang mendatangkan peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan hingga sistem usahanya dikembangkan dalam bentuk waralaba. Crepes dan waffle termasuk jenis snack favorit yang biasanya diminati anak-anak dan remaja. Mengingat populernya makanan ini di Indonesia, tak heran jika sudah banyak brand yang sukses mengembangkan bisnis ini dengan sistem waralaba.

Jika begitu, mungkin kamu bisa mencoba bisnis franchise atau franchise nun sedang populer pada Indonesia. Kondisi diantaranya inilah yang sebagai peluang bagi karet reseller makanan instan, frozen food, mau pun makanan ringan guna menjual produk tersebut secara online.

Bisnis waralaba dalam negeri ini paling tepat untuk memulai bisnis, karena dari segi biaya waralaba dalam negeri tidak banyak membutuhkan modal. Jensinya bisa beraneka ragam, tetapi memang paling banyak berasal dari waralaba makanan dan minuman. Menurut Wikipedia, Waralaba berasal dari bahasa Inggris franchising dan bahasa Prancis franchise yang memiliki arti hak atau kebebasan untuk menjual suatu produk, jasa dan layanan. Pengertian lain dari waralaba adalah suatu hubungan kerjasama antara pemilik waralaba dengan pembeli waralaba dengan kontrak yang telah disepakati. Bahkan jika Anda memiliki ide bisnis lain yang lebih inovatif sekalipun, tetap tidak boleh dipasarkan berdampingan dengan bisnis franchise.